Senin, September 01, 2008

pilihan sulit

Terkadang kita di hadapkan dalam keadaan yang benar-benar sulit untuk di pilih. Dan jika saat itu datang, rasanya ingin berteriak dan menangis sekencang-kencangnya. Ingin kabur, lari, lepas tanggung jawab, atau apapun. Tapi ya ini yang namanya kehidupan. Apa yang terjadi setiap saat dalam hidup adalah sebuah pertanggung jawaban pada dunia juga pada Tuhan.
Kadang aku tidak mengerti kenapa suatu hari kita mendapatkan hal yang membuat kita kehilangan kata-kata, tidak bisa berkutik, bingung, marah, kesal, sebal, bt, dsb. Banyak orang bilang, hidup tanpa masalah yang membuat kita mati rasa, bagai sayur tanpa garam.

Aku tau kita tidak akan pernah belajar, jika kita tidak pernah mendapat suatu masalah. Aku paham kita tidak akan punya pengalaman, jika kita tidak bisa mengatasi masalah yang ada di depan kita. Bahkan aku ngerti, tanpa masalah kita tidak akan pernah tau apa itu yang namanya sakit, bersyukur, menghargai, dsb. Karena kadang kita lupa apa itu yang namanya bersyukur dan menghargai, jika kita sudah merasakan sebuah kenikmatan dalam segala hal. Bahkan terkadang kita berbuat congkak juga sombong.

Memang setiap masalah yang ada di muka bumi ini selalu ada jalan keluarnya. Karena setauku Tuhan sudah janji sama kita bahwa Tuhan tidak akan pernah kasih cobaan di luar kemampuan umat-Nya. Tinggal kita aja yang mau berusaha buat temukan jalan keluar itu apa tidak.

Saat aku di kasih masalah yang sangat pelik dan rumit, rasanya dunia gelap. Tapi mau tidak mau harus dijalani juga. Dan setelah di jalani dengan perlahan-lahan dan tulus hati, ternyata masalah itu selesai dengan sendirinya. jadi bisa dibilang sekarang aku sudah tau bagaimana cara menyelesaikan masalah yang tidak biasa. Memang tidak akan pernah bisa dipungkiri sampai kapanpun, jika sebuah ketulusan hati yang kita berikan pada sebuah masalah, serumit dan sesakit apapun yang kita rasakan buat menyelesaikan masalah itu, akan berakhir dengan sebuah kepuasan hati.

Dan setiap masalah yang kita dapat kemarin, hari ini, maupun besok, itu semua membuat kita untuk lebih kuat lagi menjalani pergumulan hidup yang semakin hari semakin tidak jelas. Aku percaya semua yang kita jalani dengan tulus hati meskipun itu berat banget, akan menjadikan diri kita sosok yang luar biasa di mata dunia juga di mata Tuhan…

GBU…

1 komentar:

Anonim mengatakan...

SEMANGAT...SEMANGAT...
:b hehehehehehe

"kdng Tuhan g sllu ngsih ap yg qta mnta,Tuhan cm ngsih ap yg qta btuh kan"