Sabtu, September 06, 2008

bahasa jawa itu ternyata asyik ya...

kali ini aku pengen ceritain sebuah pengalaman yang cukup menarik buat dibagi (ini sich menurutku..).

umhh.. sebelumnya aku mau kasih tau kalau aku bukan asli orang jawa, dan kurang bisa bahasa jawa. ceritanya akhir-akhir ini aku lagi belajar bahasa jawa.
sehari-hari kalau diluar rumah aku berdialog menggunakan bahasa indonesia. Tapi kalau dirumah sendiri atau sama saudara-saudara aku menggunakan bahasa asli kampungku.
nahh.. ceritanya berawal dari temen-temenku yang sering bantuin aku dalam hal apapun. dari kecil aku sudah diajarkan untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada siapapun. dan itu aku lakukan sama teman-temanku.. karena pengen gaya, sekali-sekali aku coba bicara dengan bahasa jawa. itupun hanya satu kata "matur suun" yang artinya “terima kasih”.
temen-temen sering ketawa dan gak paham kalau aku berbicara menggunakan bahasa jawa. kata mereka bahasa jawa saya lucu. Tapi dari situ aku merasa tertantang untuk belajar bahasa jawa lebih banyak lagi.
Umhh.. aku sempat tanya sama temenku bahasa jawanya "cinta" itu apa..? dia bilang bahasa jawanya "cinta" itu "tresno". Nahh.. terus aku bilang berarti kalau "cinta kasih" itu bahasa jawanya "tresno suun" yah..?? itu aku ambil dari "suun" yang artinya "kasih". Aku mikir ternyata bahasa jawa itu lucu ya.. unik.. jadi kalau misalnya "aku mempunyai cinta kasih yang banyak sama kamu", bahasa jawanya....................
Ehh.. bahasa jawanya "aku" itu apa ya..?? "kulo" bener gak..?? hehehe..
Jadi bahasa jawanya “kulo nduwe tresno suun sing akeh karo sampeyan”.. hahahaha… lucu… konyol…
Ehh.. sebentar dech.. "mempunyai" itu bahasa jawanya apa ya..?? "nduwe" apa "saget"..?? haduu… bingung…
Ya… pokoknya gitu dech…

Aku juga masih penasaran sama yang namanya “etes”, “notok”, banyak sampai lupa. Hohohoho…
Tapi aku bisa lho bahasa jawa halus hitungan mulai dari 1-10. "Setunggal, kale, tigo, sekawan, gangsal, enem, pitu, wolu, songo, sedoso". Hahaha… hebat kan aku..
Itu gak tau bener apa gak..
Apalagi ya yang aku tau..??
Oia, kata temenku artinya "matur" itu "mengucapkan" ya..?? lahh… kalau "matur suun" berarti "mengucapkan kasih" dunkz, bukan "terima kasih". itu artinya sama dengan "mengucapkan cinta" ya..?? wahh.. kalau gitu misalnya aku suka sama orang bilangnya "matur suun" aja ya..?? atau "matur tresno"..?? hahaha… lucu…
Ternyata bahasa jawa seru juga ya… lucu.. asyik.. konyol.. hehehe..

6 komentar:

Anonim mengatakan...

heh...
jgn rusak bhs jawa dsr qm tu..
bhs kbnggaan q tuch..???

blog mu mbanyol..
:b wkwkwkwkwkwk

Anonim mengatakan...

lg suka bhs jawa??
blajar yg serius ya, chayo...
be creative...

12yan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
12yan mengatakan...

what...
hehehe, ternyata bhs jawanya ad yg lebis ancur dari ak y...
ikam ni kada' tau basa jawa kah?
hahaha, pis y kun........

aplus05 mengatakan...

Notok artinya apa?

Unknown mengatakan...

Kl di situbondo pasti jawa " arek iku cek etese*