Sabtu, November 01, 2008

karma

Kalian percaya akan adanya karma atau tidak..??
Apa benar yang dikatakan kebanyakan orang selama ini, bahwa karma akan datang meski bukan kita yang melakukan hal tersebut..??
Kita ambil saja contoh: aku berbuat jahat sama orang lain, lalu nanti yang akan dijahati oleh orang adalah adekku, bukan aku.
Sudut pandanganku bilang, “itu gak akan terjadi. Apa yang kita perbuat dalam hidup, ya pasti kita yang menanggung semua resikonya. Bukan orang lain. Kok enak banget yang melakukan kakaknya, tapi yang kena karmanya adeknya. Sesuatu hal yang bisa dibilang itu tidak adil buat semuanya”.
Tidak adil buat si adek(dia tidak melakukan hal yang salah, kenapa harus menanggung karma sikakak..??!!) disisi kakak juga tidak adil(dia gak akan pernah belajar dan mengerti, bahwa selama ini yang dia lakukan adalah salah. Karna kadang kita sadar dan belajar dari sebuah kesalahan).

Tapi disisi lain, aku melihat dengan jelas, bahwa apa yang dilakukan oleh orang tuanya berdampak pada anaknya. Seorang anak yang gak tau apa-apa, yang tidak berdosa, harus menanggung karma yang diperbuat oleh orang tuanya.
Tragis..
Aku gak tau kenapa itu bisa terjadi..
Sempat terlintas dalam benakku, Tuhan kasih karma pada anaknya, karna Tuhan pengen kasih tau sama dunia, bahwa apa yang kita lakukan itu bisa berdampak pada sekitarnya.
Tapi, kenapa harus anaknya yang tidak bersalah yang harus menanggung karma itu..??
Sungguh gak bisa ditelaah..

Jadi, menurut kalian bagaimana..??
Karma akan datang pada orang yang melakukan kesalahan..??
Ataukah karma akan datang pada orang yang berada disekitar si pelaku kesalahan..??

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Karma emang suatu hal yang gak bisa di logika, Kun. Semua itu rahasia Allah. Entah karma itu ada atau tidak, yang jelas Allah selalu memberikan yang terbaik pada hamba-Nya, dalam bentuk apapun itu.

Keyen gag bahasa gwe??

Wakakakkaka